otomotif

otomotif
komponen mesin

Senin, 24 Oktober 2011

Tips membersihkan karburator

Karburator merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan
anda. Jika perawatanny tidak baik, maka besar kemungkinan
kendaraan anda akan rewel saat anda kendaraai. Berikut ini adalah
tips - tips yang dapat anda pergunakan untuk merawat karburator
kendaraan anda.
1. Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan
filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter
lalu bersihkan dengan cairan pembersih lalu biarkan kering sendiri.
Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan
tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter
tersebut.2. Membersihkan karburator. Bukalah karburator dengan
cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk
(choke) dan kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat
tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen
karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan
pembersih, agar mudah gunakan saja cairannya bensin.
Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung,
main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang
kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda
tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat
pemasangan tidak bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan
kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan
tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada
spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena
dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.
Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan
obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup
gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Menyetel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-
komponen karburator sebaiknya anda jangan lupa untuk
mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka
sorong atau stigmat.
4. Merakit karburator. Pasanglah kembali bagian-bagian karburator
yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan
dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi
langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-
angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok
lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin
atau kondisi mesin motor anda.
Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak di
pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang
ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan
karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa
akibat rendahnya putaran mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar